Rabu, 18 Januari 2023

Workshop Akselerasi Usulan Jabfung bagi Dosen IAI Sumatera Barat

 

Pariaman, Institut Agama Islam Sumatera Barat yang berada di Kota Pariaman selalu memberikan hak yang terbaik dalam hal keunggulan pendidikan pada perguruan tinggi. Dalam rangka untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi mahasiswa baru segi keilmuan, maka seorang dosen juga harus memiliki wawasan keilmuan yang mumpuni dibidangnya. Salah satu cara yang harus ditingkatkan pada dosen, yaitu melanjutkan pendidikan kepada Program Doktor. Saat ini kampus IAI SUMBAR telah memiliki dosen yang bergelar doktor dan sedang proses S3 berjumlah 15 orang yang tersebar dari semua Fakultas yang ada di Institut Agama Islam Sumatera Barat.

Selain itu, dalam rangka memotivasi dosen memiliki jabatan fungsional yang lebih tinggi, maka Institut Agama Islam Sumatera Barat mengadakan workshop Akselerasi Usulan Jabatan fungsional (Jabfung) Dosen, dengan tema: Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi dengan Peningkatan Kinerja Dosen. Saat ini, Dosen tetap yang berada di Kampus IAI SUMBAR berjumlah 38 Orang dan telah memiliki jabatan fungsional Asisten Ahli dan tahun ini 32 orang Dosen akan melakukan kenaikan pangkat Jabatan fungsional Lektor.

Kegiatan Workshop Akselerasi ini langsung didatangkan Narasumber dari Sekretaris Kopertais Wilayah VI Provinsi Sumatera Barat, yaitu Bapak Muhammad Fadli, S.Sos.,M.I.Kom, dan juga didampingi oleh Staff Pegawai Kopertais Wilayah VI. Kegiatan workshop dipandu langsung oleh Ibu Fisa Amanah, M.Psi (Ketua Program Studi Psikologi Islam). Acara dibuka dengan pembacaan Ayat Al-Qur'an yang dibacakan oleh Bapak Abdul Rahim. A, ME (Dosen Prodi Perbankan Syari'ah) dan Pembacaan Doa dari Bapak Rahmat Hidayat, S.Th.I.,M.Ag (Dosen Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir), serta acara langsung dibuka oleh Rektor Institut Agama Islam Sumatera Barat, yaitu Dr. Novi Yanti, SE.,MM.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bu rektor dalam pembukaannya, bahwa kegiatan workshop ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, Pengabdian dan Publikasi Ilmiah (artikel). Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi akan dapat meningkatkan Jabatan fungsional Dosen dan juga dapat diutamakan dalam pengusulan Sertifikat Dosen (Serdos).

Kegiatan Workshop Akselerasi Jabfung Dosen diakhiri dengan Poto bersama antara Narasumber dengan seluruh peserta Workshop.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar