Sabtu, 02 Maret 2024

Seminar Nasional Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir dalam Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Pariaman, 2 Maret 2024- Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Sumatera Barat yang berada di Jalan Kolonel Anas Malik by Pass Kota Pariaman mengadakan seminar Nasional. Kegiatan ini diangkatkan dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat Islam terkait dengan peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang dikemas dalam bentuk seminar Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2024 yang dimulai pada pukul 19.30 sampai 21.30 WIB. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk virtual dengan menggunakan Zoom Meeting Cloud.
Seminar Nasional Ini mengundang narasumber yang memiliki kapasitas keilmuan yang bagus, sehingga mampu memberikan pemahaman yang bagus bagi masyarakat Islam. Tema kegiatan ini adalah Peran Masyarakat Islam dalam Memaknai Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan Seminar dibuka oleh MC yang berasal dari Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. yaitu Widia Agustin. lalu dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Al-Qur'an dari seorang mahasiswa dan Qori Provinsi Sumatera Barat, yaitu Emir M Kassidiy. kemudian disempurnakan dengan pembacaan Doa yang dibacakan oleh Muhammad Khoudri Ibn Ash yang juga mahasiswa dari Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

Kemudian, kegiatan seminar Nasional langsung dibuka oleh Rektor Institut Agama Islam Sumatera Barat, yaitu Dr. Novi Yanti, SE.,MM. dalam sambutannya, bu rektor menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Program studi Ilmu Al-Qur'an  Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Sumatera Barat. Kegiatan ini memberikan keilmuan yang mendalam bagi kita sebagai umat Islam, sehingga mampu memahami peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Selain itu, semoga kegiatan ini memberikan pemahaman yang utuh nantinya bagi setiap peserta yang hadir pada malam ini.

selanjutnya, kegiatan dihandle oleh Moderator dan sekaligus Ketua Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, yaitu Bapak Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag.
Narasumber pertama, langsung disampaikan oleh Prof. Dr. H. Dien Madjid, MA. beliau merupakan Guru Besar Sejarah Kebudayaan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Narasumber kedua, Dr. Ahmad Isnaeni, MA. beliau merupakan Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Raden Intan Lampung dan Dosen Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir serta Ilmu Hadis.

Setelah selesai penyampaian materi dari kedua Narasumber, maka dilaksanakan kegiatan tanya jawab (Q&A) antara Peserta Seminar Nasional.
pada Kegiatan ini dihadiri oleh 109 orang peserta yang berasal dari berbagai Instansi/Lembaga Pendidikan dan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Penutupan Kegiatan, yaitu penyampaian Pemuncak dan 10 Besar dalam kegiatan Perlombaan Karya Tulis Ilmiah yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir tingkat Nasional dalam kegiatan IAT CUP Sesion II.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar